Artikel Tentang LAN

assalammualaikum wr. wb
saya sedikit mau berbagi tentang artikel LAM nih atau biasa disebut Local Area Netwok
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di mana masing-masing akan dijelaskan.

LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu :
Komponen Fisik Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi jaringan.
A.      Komponen Software Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.
Jaringan ini disebut sebagai jaringan area, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di sebuah gedung, sekolah, atau kampus. Dalam jaringan LAN, terdapat satu komputer yang biasa disebut server, yang fungsinya adalah untuk memberikan layanan perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file. Selain server ada pula komputer lain yang terhubung dalam jaringan (network) yang disebut dengan workstation (client). Pada umumnya teknologi jaringan LAN menggunakan media kabel untruk menghubungkan komputer-komputer yang digunakan.

Kabel
Ada tipe-tipe pengkabelan yang sering digunakan dalam pengaplikasian untuk membuat wirelles lan yaitu.
a.      Thin Ethernet (Thinnet)
Tipe pengkabelan ini mempunyai kelebihan pada biasya yang relatif murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan yang lain serta pemasangan komponennya lebih mudah.

b.      Thick Ethernet (Thicknet)
Kelebihan dari tipe ini yaitu jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar akan tetapi biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal serta lebih sulit untuk pemasangannya.

c.       Twisted Pair Ethernet
Pada jenis pengkabelan ini Pair Ethernet dibagi menjadi dua jenis yaitu Shielded dan Unshielded.
d.      Fiber Optic
Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.
Topologi Jaringan

1.      Komponen Software

a.      Protokol TCP/IP
Biasa kita kenal sebagai IP Address.
IP Address yaitu alamat yang diberikan  jaringan komputer dan peralatan jaringan yang  menggunakan  protokol TCP/IP. IP Address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.168.0.16
b.      Network ID Host ID
IP address terdiri atas dua bagian yaitu network ID dan host ID, dimana network ID menentukan alamat jaringan komputer, sedangkan host ID menentukan alamat host (komputer, router, switch).
Oleh sebab itu IP address memberikan alamat lengkap suatu host beserta alamat jaringan di mana host itu berada.

c.       DNS (Domain Name System)
Domain Name System (DNS) adalah suatu sistem yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer atau internet ditranslasikan menjadi IP address.
1.      Root-level domain
Merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.)
2.       Top level domain

source : http://nitaatto.blogspot.com/2013/07/artikel-tentang-lan.html

Post a Comment